Langsung ke konten utama

3 Cara Termudah Mencegah Tantrum pada Anak



Cara mudah ini dapat digunakan para Moms, yang sedang kebingungan untuk mencairkan tantrum pada anak. Moms, pernakah buah hati mengalami hal ini juga?. Tantrum  dialami oleh setiap anak pada usia toodler atau sekitar dua tahunan. Jika tantrumnya datang, bisa senewen dibuatnya. Bagaimana tidak? Setiap usaha untuk membuat anak berhenti menangis seakan tidak mempan, bahkan malah semakin menjadi.

Tantrum sendiri merupakan bentuk luapan emosi yang tidak terkontrol pada anak. Bentuknya dapat berupa menangis keras, berteriak, menjerit-jerit, memukul, menggigit, mencubit, menendang, berontak, melempar badan ke lantai dan berlari menjauh.

Normalnya, tantrum hanya berlangsung sekitar 30 detik sampai 2 menit saja. Namun, bila hal ini terus berlanjut sampai tingkat membahayakan dirinya dan bila tidak berakhir sampai memasuki usia 5 tahun, maka perlu diwaspadai ya Moms.

Moms, biasanya mudah menyerah kepada tantrum anak, adanya perasaan malu ketika anaknya mengalami tantrum saat di depan umum, atau bisa juga, karena sindiran orang lain yang mengatakan kalau tidak sayang pada anak. Alhasil yang sering terjadi adalah Moms, mulai meninggikan suara, supaya anak berhenti menangis, memukul anak atau memberikan janji pada anak yang belum tentu di tepati.

Perilaku tantrum bila terlambat ditangani, maka akan  menjadi sifat yang menetap paada anak hingga dewasa nanti. Nah, kalo sudah menetap begini, Moms akan bingung di buatnya. Karena seharusnya usia dewasa, mempunyai sifat yang sudah matang secara emosional, tidak meledak-ledak seperti anak kecil.

Moms, ada 3 cara yang bisa dipakai untuk mengetahui pola tantrum untuk mencegah dan menghindari pemicu terjadinya tantrum, yaitu:
  1. Sebelum terjadinya tantrum

 Perlu mengenali situasi atau tempat  di mana anak sering mengalami tantrum. Misalnya pada situasi ramai, dipusat perbelanjaan, anak akan merasa bosan dan lelah mengikuti aktivitas di tempat tersebut. Apabila Moms, mengenali situasi tersebut dapat memicu tantrum, sebaiknya hindari atau jangan terlau lama di tempat tersebut bila bepergian dengan anak. Selain itu mengupayakan kebutuhan anak untuk makan pada jadwal yang sama, harus terpenuhi, karena hal ini berkaitan dengan kepuasan psikologis dan kestabilan emosinya.


2. Saat tantrum berlangsung

Apabila tantrum sedang berlangsung, sebaiknya jangan membujuk-bujuk, menghukum dan memberikan nasihat-nasihat moral untuk menghentikan tantrumnya, karena anak tidak akan menanggapi atau mendengarkan, karena hal ini malah akan membuat tantrum semakin lama dan intensitasnya meningkat. Sebaiknya pindahkan anak pada tempat yang aman. Membiarkan anak sampai beehenti menangis dan Moms pun harus tetap tenang.

            3. Setelah tantrum

Jangan memberikan nasehat yang berlebihan, agar anak tidak mengulangi tantrumnya lagi. Namun, hal ini bisa diartikan berbeda dan  merasa sedang dimarahi, sehingga akan membangkitkan kembali emosi negatif pada anak. Moms, bisa mengajak anak bermain, membacakan buku cerita, memberikan pujian yang disertai sentuhan, jika anak bisa berhenti tantrum. Cara ini mampu mengurangi frekuensi tantrumnya.

Nah, Moms mudah bukan bila mengetahui cara bagaimana menghindari dan mencegah terjadinya tantrum pada anak. Semoga informasi ini bermanfaat.

Komentar

  1. Mba, biasa nya kalo anakku lagi tantrum langsung di diemin biar ga makin menjadi-jadi, kalo kayak gt boleh ga ya?

    Oh iya jgn lupa folbek ya mba indahnaynes@blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya dibujuk agar diam?
      sebaiknya diamkan saja, karena nggak akan berlangsung lama.Usahakan Moms tetap tenang. agar anak tidak memanipulasi moms supaya keinginannya terpenuhi. Jika sudah reda tantrunya, baru beri pelukan untuknya, supaya anak mengerti jika menginginkan sesuatu tidak harus marah, nangis atau berteriak.

      Hapus
  2. S1288poker adalah penyedia taruhan poker online dengan uang asli yang dapat dipercaya dan dapat di andalkan untuk memenuhi kebutuhan anda dalam bermain poker online menggunakan uang asli.
    Untuk dapat bermain poker di S1288poker,com sangat mudah, anda dapat melakukan deposit minimal Rp.10.000,- dengan keuntungan semaksimal mungkin.
    kelebihan lainnya adalah anda dapat bermain tanpa harus menghawatirkan adanya program atau penggunaan bot pada website S1288poker,com karena di S1288poker permainan player vs player. (PIN BBM : 7AC8D76B)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Bukti Menyindir Sebagai Bentuk Kelainan Mental

Inilah 5 bukti jika orang suka   menyindir ternyata berindikasi mempunyai kelainan mental. Apakah Anda sering melihat atau mendengar seseorang menyindir orang lain? Biasanya orang menyindir tidak menyebutkan nama yang menjadi sasaran sindiriannya. Semakin banyaknya pengguna media sosial, perkataan menyindir sering   kita lihat melalui tulisannya yang di posting. Tujuannya agar orang yang menjadi sasaran sindirannya membaca. Tetapi sering kenyataan tidak sesuai dengan harapan. Orang yang menjadi sasarannya bahkan tidak membaca, namun bila orang lain yang membaca dan merasa tersindir maka akan berdampak buruk pada hubungan pertemanan kedua belah pihak. Menurut Myers, seorang ahli Psikologi Sosial mengatakan perkataan menyindir, menyebar fitnah dan mengadu domba termasuk dari   perilaku agresi verbal aktif yang tidak langsung. perilaku ini dilakukan dengan cara tidak berhadapan secara langsung dengan orang yang menjadi targetnya untuk menyakiti secara psikis. Ternyata Orang y

Waspadalah! Sifat Julid Muncul Akibat 5 Gangguan Kepribadian Ini

Anda jangan Julid! Pastinya kata-kata ini sudah sering sekali didengar oleh Anda, bukan? Seiring bertumbuhnya pengguna media sosial, nggak bisa dipungkiri banyak hal baru, baik dari segi konten maupun bahasa yang bisa menjadi viral , salah satunya kata ini. Kata julid biasa digunakan untuk seseorang, bahwa orang tersebut selalu iri hati terhadap orang lain. Mungkin jika dilihat secara umum, mempunyai sifat julid adalah hal biasa saja dan pasti ada di dalam diri setiap orang. Sifat julid jika dilihat dari sisi psikologi kepribadian ternyata cukup membahayakan, karena ini berhubungan dengan adanya gangguan kepribadian seseorang. Jika dibiarkan akan membentuk kelainan mental seseorang. Ada 5 gangguan kepribadian yang menyebabkan seseorang memiliki sifat julid, diantaranya: 1. Insecure Perasaan ini muncul saat seseorang sedang dalam posisi terancam dengan keberadaan seseorang. Dia akan bersikap julid atau iri hati, saat orang yang menjadi saingannya mempunyai penampil

Mengenal lebih dekat Nick Vujicik Sang Motivator Difabel

Hampir setiap manusia   menginginkan tampil sempurna, dapat terlihat cantik dan tampan, bahkan jika perlu dapat dilirik oleh banyak pasang mata. Kesempurnaan ini tentunya akan menambah rasa kepercayaan diri seseorang, sehingga akan memudahkannya bergaul dan diterima oleh lingkungan sekitarnya. Berbeda dengan Nick Vujicik, seorang pria kelahiran Brisbane, Australia pada 4 Desember 1982 yang terlahir tanpa tangan dan kaki. Batapa hancur orang tua Nick saat itu, melihat kondisi anaknya. Apalagi saat itu Australia adalah negara yang menerapkan peraturan yang diskriminatif, yaitu anak yang terlahir cacat fisik tidak boleh mengenyam pendidikan di sekilah umum. Akhirnya selang beberapa lama, pemerintah Australia menghapus larangan tersebut, membuat Nick mempunyai kesempatan untuk mengenyam pendidikan di sekolah umum. Meskipun seperti itu, tetap saja cemoohan orang pada dirinya sering terjadi, walaupun ada juga yang sebagian mempunyai rasa empati. Nick Vujicic, tidak berkecil h